PENGHARAPAN BARU

Selamat datang tahun 2021!! Dengan perasaan seperti apa Saudara menyambut tahun 2021? Dengan pikiran seperti apa Saudara memasuki tahun 2021? Masihkah perasaan sukacita itu dirasakan? Adakah semangat positif dalam jiwa? Apakah ketakutan dan kekhawatiran menguasai pikiran Saudara? Tahun 2020 dilewati dengan penuh “kejutan” yang tidak pernah dibawangkan sebelumnya. Bagi beberapa orang tahun 2020 adalah tahun yang kelam, banyak kehilangan dirasakan, bukan saja kehilangan materi, orang yang dikasihi pun harus pergi selama-lamanya. Pandemi yang datang tiba-tiba membuat hidup dan pikiran kacau dan panik. Belum cukup waktu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri. Tidak terbayangkan apa yang akan terjadi di tahun 2021 nanti. Namun, bagi sebagian yang lain, tahun 2020 justru adalah tahun yang membawanya pada perubahan yang lebih baik. Pandemi mendorongnya untuk kreatif, berjuang bertahan hidup dan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Kualitas hidup dan relasi meningkat, bahkan sanggup untuk menciptakan peluang dan berbagi dengan yang lain.

Lalu bagaimana dengan tahun 2021 nanti? Tidak ada seorangpun yang tahu dan dapat memastikan. Apakah tahun 2021 lebih baik dari sebelumnya? Atau mungkin lebih buruk? Tidak ada satu orang pun yang bisa menjelaskan kepastian jawabannya. Kita seperti berjalan dalam gelap. Hidup dalam kegelapan tidak mengenangkan, sangat menyiksa dan menderita. Kita tidak bisa melihat apapun, hitam, tidak tahu apa yang terjadi di sekeliling lalu kemudian muncul pikiran-pikiran yang aneh, ketakutan, kecemasan dan sebagainya. Banyak orang di masa sekarang hidup dalam kegelapan dan ketidaktahuaan akan Terang Dunia, yaitu Yesus Kristus. Persoalan hidup, masalah, konflik dan seabrek tekanan hidup lainnya menutupi dan membutakan mata. Semua menjadi gelap, hitam dan muncul pikiran-pikiran aneh, ketakutan dan kecemasan.

Itulah sebabnya kita membutuhkan terang, segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang. Yesus adalah Sumber Terang itu sendiri; Dia yang memberikan terang karena Ia telah mengalahkan kegelapan melalui kematian dan kebangkitan-Nya. Tertulis: “Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.” (Yohanes 1:4-5). Inilah pengharapan yang harus kita pegang dan jadikan pedoman saat kita melangkah memasuki dan menjalani tahun 2021. Memang kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan, tetapi satu hal yang pasti, Sang Terang Kehidupan itu menuntun kita untuk melangkah, sekalipun dalam kegelapan.

 

Oleh : Pdt. Esther S. Hermanus