MEMAHAMI, MENGALAMI, DAN MELAKUKAN

Sudah memasuki pertengahan bulan di bulan pertama tahun 2021. Apa perasaan Saudara? Sampai sejauh ini apakah semua berjalan dengan baik, lancar dan terkendali? Atau mulai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan? Atau biasa-biasa saja? Apapun dan bagaimanapun situasi yang saat ini Saudara sedang rasakan dan jalani, mari berhenti sejenak dan melihat bagimana penyertaan Tuhan hadir bagi Saudara. Pengalaman iman bersama Tuhan yang hidup akan selalu menghadirkan refleksi-refleksi indah dan bermakna, itulah yang menjadi kekuatan dan penghiburan dalam menjalani hari-hari ini. Kisah dan cerita tentang bagaimana Tuhan hidup dan hadir akan menjadi kesakian yang hidup saat kita membagikan pada orang lain.

Pertemuan Yesus dengan para murid-Nya terjadi dengan tak disangka-sangka. Andreas, hanya dengan mendengar ucapan: “Lihatlah Anak Domba Allah”. Simon Petrus, dihampiri-Nya; dan dinamakan “Kefas” (batu karang). Filipus diajak-Nya: “Ikutlah Aku!” Natanael, hanya dengan dilihat oleh-Nya saat berdiri di bawah pohon ara mengakui-Nya sebagai Raja orang Israel. Tahap-tahap pemilihan para murid dalam bacaan ini membuktikan bahwa setiap orang yang datang kepada-Nya karena Allah telah terlebih dahulu berinisiatif memanggil, membuka jalan dan kesempatan. Filipus dan Natanael mereka terpanggil untuk menjadi murid Yesus karena telah mendengar kisah tentang Yesus dan berjumpa dengan-Nya. Mereka adalah bagian dari para murid Yesus yang kelak akan membagikan pengalaman dan kesakian iman tentang Yesus kepada banyak orang.

Kesaksian kebenaran firman Tuhan merupakan cara Allah membawa Yesus Kristus untuk dikenal oleh banyak orang. Mulai dari kesaksian hidup-Nya, karakter, sikap tindak-tanduk dan kepribadian-Nya yang istimewa sampai kepada pengajaran-pengajaran-Nya. Dari sinilah Allah berkenan memanggil manusia untuk menjadi murid-Nya melalui cara di luar mimbar formal, dan metode-metode tertentu. Pelajaran penting dari inisiatif Allah ini adalah bahwa pengenalan kita kepada Kristus akan mendorong kita untuk bersaksi tentang Dia dan karya-Nya. Menjadi pengikut Yesus dan memperkenalkan Dia kepada sebanyak mungkin orang adalah panggilan kita sebagai orang Kristen. Kesaksian yang hidup adalah kesaksian yang lahir dari pengalaman hidup sesehari, dari refleksi iman dan dari pergulatan bersama Yesus Kristus, Sang Guru.

 

Oleh : Pdt. Esther S. Hermanus