KATA HORACE BUSHNELL TENTANG KELUARGA!

Exemple

KATA HORACE BUSHNELL TENTANG KELUARGA!

Hari ini kita memasuki Bulan Keluarga. Kita semua bagian dari keluarga. Oleh karena itu, keluarga sangat penting bagi kita. Kesuksesan atau kehancuran kita di masa kini atau di masa depan sangat tergantung pada cara mengelola keluarga. Keluarga yang relasinya OK menghasilkan gereja dan bangsa yang kokoh dan kuat. Keluarga yang tidak OK menghasilkan anak yang rapuh dan rentan. Horace Bushnell, teolog dan astronom Amerika Serikat, menekankan betapa pentingnya keluarga. Ia katakan: ”iman yang sejati muncul bukan terutama akibat pertobatan emosional yang terjadi pada ibadah-ibadah kebangunan rohani atau ibadah penyegaran iman.” Lalu, iman sejati muncul dari mana? Bushnell mengatakan: ”iman sejati muncul dari lingkungan keluarga.” Sikap dan perilaku para orang tua serta cara orang tua memperlakukan sesama akan menjadi teladan nyata bagi anak-anak dalam membangun relasi dengan Tuhan dan dengan sesama.

Argumentasi Bushnell benar! Para orang tua adalah contoh yang diikuti anak-anak untuk hal yang baik maupun hal yang buruk. Anak-anak meng-’copy’ ucapan kotor dan kasar orang tuanya. Anak-anak mengikuti saja sikap orang tua yang meremehkan atau menindas orang lain. Sebaliknya sikap orang tua yang santun, rendah hati, sabar dan penuh cinta akan menghasilkan anak-anak yang matang dan baik hati. Orang tua yang mengajarkan anak-anak bagaimana hidup arif dan hemat akan menghasilkan anak-anak yang bisa mengontrol diri dari virus konsumerisme. Apa yang ditabur itulah yang dituai. Perilaku orang tua kemungkinan besar menjadi “karma” bagi dirinya. Mereka yang menabur keburukan akan menuai keburukan, pertama-tama dari anak-anaknya. Jangan salahkan anak-anak ketika mereka nakal dan liar. Sebaliknya, mulailah mengeritisi apa yang salah dalam cara kita mendidik mereka. Sebaliknya, orang tua yang menabur kebaikan di tengah keluarga, di gereja dan di tengah masyarakat akan menuai senyum dan cinta dari segala penjuru dunia, termasuk dari anak-anaknya.

Salah satu kunci kekuatan keluarga, gereja atau masyarakat terletak pada cara kita membangun persekutuan. Kunci segala persekutuan dinilai dari kualitas relasinya. Suatu persekutuan tidak dilandasi pada kesamaan, tetapi pada kebersamaan. Anda dan saya pasti memiliki banyak perbedaan. Bagi kaum dajjal, perbedaaan adalah peluang untuk membangun tembok diskriminasi dan segregasi yang ujungnya menimbulkan perpecahan. Tetapi bagi anak Tuhan, perbedaan adalah sumber kekayaan. Mereka meruntuhkan tembok pembatas, lalu membangun kebersamaan atas dasar cinta dengan saling menghargai keunikan masing-masing. Dalam Yesus, engkau mungkin berbeda, tetapi kita bersaudara!

 

Oleh : Pdt. Albertus Patty

Komentar Anda

Upcoming Events

  1. PENEGUHAN DAN PEMBERKATAN NIKAH

    October 30 @ 9:00 am - 12:00 pm
  2. PENEGUHAN DAN PEMBERKATAN NIKAH

    November 3 @ 8:00 am - 11:00 am
  3. PENEGUHAN DAN PEMBERKATAN NIKAH

    November 10 @ 9:00 am - 12:00 pm