DIPERSATUKAN TUHAN

Exemple

DIPERSATUKAN TUHAN

Jemaat kekasih Tuhan Yesus,

Apa yang sebenarnya terjadi ketika Allah menciptakan manusia yang pertama? Sering kita membayangkan manusia itu sebagai laki-laki dan perempuan, sendirisendiri. Ternyata tidak demikian. Manusia terdiri dari laki-laki dan perempuan. Perempuan diambil dari laki-laki, tetapi kemudian laki-laki diperintahkan untuk meninggalkan ayah dan ibunya untuk bersatu kembali dengan perempuan.

Di masyarakat patriarkal, ayah atau laki-laki memegang peran penting. Istri harus meninggalkan orang tuanya untuk masuk ke dalam keluarga suaminya. Bahkan kadang-kadang isteri tidak diterima dalam marga suaminya; ia hanya dianggap sebagai tamu saja. Di dalam keluarga Kristen, suami dan isteri dipersatukan oleh Allah sendiri. Suami dan isteri yang dulu berasal dari dua keluarga yang berbeda latar belakang dan sifat-sifatnya, kini di dalam pernikahan Kristen dipersatukan oleh Kristus.

Apakah yang dipersatukan Allah? Mungkinkah dua pribadi yang berbeda menjadi satu? Perlu kita mengerti bahwa menjadi satu bukan berarti menjadi sama. Suami tetaplah seorang laki-laki dengan sifat kejantanan yang keras, mandiri serta tegar. Sedang isteri mempunyai sifat keibuan dan lembut. Suami dan isteri masingmasing tetap mempunyai perbedaan-perbedaan, tetapi hal itu tak menghalangi mereka untuk menjadi satu.

Sering suami atau isteri menggunakan perbedaan-perbedaan itu sebagai dalih untuk berpisah dan mengakhiri perkawinan. Mereka tidak sadar bahwa dengan alasan itu tak mungkin selamanya mereka dapat memperoleh pasangan yang cocok, sebab di dunia ini tak ada orang yang sama. Justru perbedaan-perbedaan itulah yang membuat hidup tidak monoton menjemukan tetapi penuh dengan kejutan dan gairah. Dan oleh Kristus, perbedaan itu dipakai untuk membuat suami dan isteri saling tergantung, melengkapi dan merindukan.

 

Oleh : Pdt. Wee Willyanto

Komentar Anda

Upcoming Events

  1. PENEGUHAN DAN PEMBERKATAN NIKAH

    October 30 @ 9:00 am - 12:00 pm
  2. PENEGUHAN DAN PEMBERKATAN NIKAH

    November 3 @ 8:00 am - 11:00 am
  3. PENEGUHAN DAN PEMBERKATAN NIKAH

    November 10 @ 9:00 am - 12:00 pm