SELAMAT HARI PENTAKOSTA!

Exemple

SELAMAT HARI PENTAKOSTA!

 

Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.” – 1 Korintus 12: 13

Arti kata Pentakosta adalah hari kelima-puluh (dihitung dari kebangkitan Tuhan Yesus/Paskah). Pada saat itulah Penolong yang dijanjikan Tuhan Yesus digenapi: Roh Kudus turun dan  memenuhi semua orang percaya (Kisah Rasul 2).

Siapakah Roh Kudus? Ia adalah Allah yang hidup dan tinggal dalam setiap orang percaya. Memberi dunamis (daya) untuk menjalani hidup sebagai orang percaya. Menuntun, menolong, menguatkan, dan memampukan kita menjadi pribadi-pribadi yang benar.

Roh Kudus bukan sekedar “kekuatan” dari Allah. Ia adalah pribadi  Allah Tritunggal yang kita kenal melalui kesaksian Alkitab:

  • Roh Kudus “menyelidiki” dan tahu segala sesuatu (1 Kor 2:10),
  • Ia dapat berduka (Efesus 4:30),
  • Roh Kudus berdoa bagi kita (Roma 8: 26-27)
  • Roh Kudus memutuskan sesuai kehendak-Nya (1 Kor 12:7-11)
  • Ia memberi penghiburan dan pertolongan (Yoh 14:16,26)

Kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita, pasti membawa dampak bagi diri kita. Sama seperti Petrus yang sebelumnya menyangkal Yesus diubahkan menjadi pribadi yang matang dan kotbahnya menggugah begitu banyak orang. Sama seperti murid-murid yang sebelumnya “biasa-biasa” saja, menjadi pribadi-pribadi luar biasa yang mengabarkan Kabar Sukacita Kristus ke tengah dunia.

Lalu bagaimana agar hidup kita bisa dipenuhi oleh Roh Kudus: Cobalah baca Lukas 2:38! Selamat mengalami Roh Kudus!

Oleh: Pdt. Roy Alexander Surjanegara

Komentar Anda