Pinguin

Exemple

Pinguin

Jemaat kekasih Tuhan Yesus,
Anda tentu mengenal binatang pinguin. Banyak orang, terutama anak-anak, sangat menyukai binatang ini. Selain lucu dan menggemaskan, tingkah polah pinguin selalu mengundang kekaguman. Mungkin karena itulah, kehidupan pinguin sering diabadikan dalam bentuk film animasi, di antaranya: Penguins of Madagaskar, March of the Penguins, Surf’s Up, Happy Feet 1 & 2. Mungkin Anda salah satunya yang tidak pernah bosan menyaksikannya.

Jika Anda sempat berkunjung ke Yerusalem, khususnya konon di tempat di mana Yesus mengadakan Perjamuan Malam terakhir, ruang yang digunakan terdapat beberapa pilar penyangga bangunan. Ternyata, di ujung atas pilar itu ada relief pinguin yang begitu kentara. Para penjaga menjelaskan, bahwa relief pinguin itu sengaja dibuat untuk menunjukkan cinta kasih Yesus yang tulus berkorban demi keselamatan umat manusia.

Ketika kita mengamati kehidupan pinguin, memang ada hal yang menakjubkan. Jika badai besar melanda dan tidak ada persediaan makanan yang cukup, maka ibu pinguin akan memberikan tubuhnya sendiri demi memberi makanan bagi anaknya dan anaknya bisa tetap bertahan hidup. Pengorbanan ini tidak jarang menimbulkan kematian bagi sang induk.

Memang, pengorbanan pinguin bagi anaknya tidak seberapa dibandingkan pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib. Pengorbanan Yesus tidak hanya untuk satu orang, melainkan untuk seluruh umat manusia di dunia ini. Kesediaan-Nya menderita dan disalibkan adalah bentuk ketulusan dan cinta kasih yang semestinya menjadi inspirasi bagi kita semua.

Namun minimal, sekalipun hanya binatang, Pinguin bisa menunjukkan sikap berkorban. Kita diciptakan Tuhan tidak hanya dibekali akal budi, tetapi juga hati nurani, yang bisa kita gunakan untuk bersikap empati dalam setiap pengambilan keputusan. Dengan bersikap demikian, kita disebut sebagai seorang yang bijaksana.

Oleh: Pdt. Wee Willyanto

Komentar Anda