Pergilan Dan Perbuatlah Demikian

Exemple

Pergilan Dan Perbuatlah Demikian

Apa respon anda ketika orang yang sangat membenci anda sedang sakit keras dan sangat membutuhkan bantuan anda? Ada beberapa respon yang bisa anda pilih. Anda akan bersikap masa bodo. Dalam hati anda berkata, ”Saya hanya bersedia menolong keluarga dan kerabat dekat saya. Saya lebih tidak ada waktu membantu orang yang selama ini membenci saya. Cuma buang waktu! Sorry…”

Anda bisa merespon yang lebih kasar:” Biar saja dia mati. Rasain! Emangnya gue pikirin. Dia sakit itu karena memang dia jahat. Penyakitnya itu merupakan kutuk dari Tuhan.”Kedua respon yang kurang simpatik ini sering muncul di masyarakat, bahkan di kalangan warga gereja. Respon seperti ini muncul dari orang Kristen yang kehilangan spiritualitas Kristiani. Tak ada spirit Kristus dalam dirinya!

Kalau begitu bagaimana seharusnya orang Kristen merespon pertanyaan di atas? Respon seorang Kristiani yang dikehendaki Yesus adalah ini: “Boleh saja dia membenci saya, tetapi saat dia membutuhkan, saya bersedia menolongnya karena Tuhan mengasihi saya maka  saya pun harus tetap mengasihinya.” Respon seperti ini disampaikan Yesus melalui perumpamaan “orang Samaria yang baik Hati.” Ketika orang Yahudi, yang sering merendahkan dan mendiskriminasi orang Samaria, mengalami musibah dan terluka berat, orang Samaria yang baik hati itu segera menolongnya.

Ia menolak bersikap apatis alias masa bodoh. Ia juga tidak menggunakan kesempatan itu untuk membalas dendam. Orang Samaria membuka hatinya. Ia mengulurkan tangannya untuk merangkul dan memiliki belas kasihan terhadap siapa pun yang membutuhkan, termasuk terhadap orang yang membencinya. Bagi Yesus, inilah sikap Kristiani yang sesungguhnya. Itulah spiritualitas Kristiani. Yesus kita biarkan menguasai kita! ”Pergilah dan perbuatlah demikian,” kata Yesus.

Komentar Anda